Minggu, 23 Desember 2012

SALAT MALAM NABI SAW. VERSI RIWAYAT AISYAH (BAGIAN I) oleh Amin Saefullah Muchtar


Salat malam tidak dapat diragukan lagi keberadaannya, mengingat banyak sahabat yang menerangkan bahwa Rasulullah saw melaksanakan salat tersebut. Berdasarkan keterangan  bahwa  Salat malam  memiliki fadlilah dan keutamaan tersendiri. Adapun kedudukan Salat malam itu hukumnya tathawwu', sebagaimana riwayat seorang Arab gunung yang datang kepada Nabi saw. bertanya tentang rukun Islam, kemudian Rasulullah saw. menjawab:
خَمْسُ صَلَوَاتٍ فِي اْليَوْمِ وَاللَّيْلَةِ فَقَالَ هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهُنَّ ؟ قَالَ لاَ اِلاَّ أَنْ تَطَوَّعَ
"Lima salat dalam sehari semalam, Ia bertanya lagi, Adakah yang wajib atasku selain itu? Beliau menjawab, Tidak ada, kecuali kalau engkau hendak mengerjakan yang sunat."  (HR. Al Bukhari, Shahih al-Bukhari, II:951, No. 2532)

Ditinjau dari kompleksitas permasalahannya salat malam cukup banyak yang dapat diperbincangkan, mulai dari persoalan penamaan, waktu, qiraat, berjamaah atau munfarid, kaifiyyat (tata cara), dan kammiyyat (jumlah rakaat). Sesuai dengan judul di atas, kami akan membatasi pembahasan pada persoalan kammiyyat  dan kaifiyyat dengan fokus utama analisa informasi Aisyah sebagai sumber primer, sementara informasi dari para sahabat lainnya digunakan sebagai sumber sekunder.

Mengapa Aisyah?

Banyak sahabat yang mengabarkan Rasulullah saw. melaksanakan Salat malam, antara lain, Aisyah istri beliau sendiri, Ibnu Abbas keponakannya, Ibnu Umar, Ummu Salamah, Zaid bin Khalid, Jabir bin Abdullah, dan lain sebagainya. Meski demikian, diakui oleh para sahabat sendiri bahwa yang paling mengetahui salat malam  Rasulullah saw. adalah Aisyah, sebagaimana keterangan Ibnu Abbas ketika ditanya oleh Sa'ad bin Hisyam mengenai salat malam Nabi saw., ia menjawab:
 أَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى أَعْلَمِ أَهْلِ اْلأَرْضِ بِوِتْرِ رَسُولِ اللهِ ؟ قَالَ: مَنْ؟ قَالَ: عَائِشَةُ, فَأْتِهَا فَاسْأَلْهَا..
Maukah engkau kutunjukkan orang yang paling mengetahui dari antara penghuni bumi ini tentang witir Rasulullah saw.? Saad bertanya,’Siapakah? Ibnu Abas menjawab,’Aisyah, maka jumpailah ia  dan bertanyalah kepadanya...(HR. Muslim, Shahih Muslim, I:512, No. 746)

Kamiyyah & Kaifiyyah Salat Malam Nabi saw. Versi Aisyah

Khabar dari Aisyah diriwayatkan oleh al-Bukhari, Muslim, Ahmad, Ibnu Abu Syaibah, Malik, Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Nasai, al-Baihaqi, at-Thahawi, Ibnu Khuzaimah, ad-Darimi, Ishaq bin Rawaih, Ibnu Hiban, Abu Ya’la,  dan at-Thabrani, melalui beberapa muridnya dari kalangan tabi’in. Namun yang paling banyak meriwayatkan berkaitan dengan kammiyyah dan kaifiyyah sekitar 10 orang: al-Qasim bin Muhamad, Urwah bin az-Zuber, Abu Salamah bin Abdurrahman, Al-Aswad bin Yazid, Abdullah bin Syaqiq, Sa’ad bin Hisyam, Sulaiman bin Martsad, Masruq, Yahya bin Jazar, dan Alqamah bin Waqash dengan variasi redaksi sebagai berikut:

Pertama, melalui muridnya bernama al-Qasim bin Muhamad 

Seluruh periwayatannya melalui al-Qasim bin Muhammad menggunakan ungkapan 13 rakaat, sebagai berikut:
Dalam riwayat al-Bukhari  dan al-Baihaqi dengan redaksi:
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْهَا الْوِتْرُ وَرَكْعَتَا الْفَجْرِ
Nabi saw. shalat malam 13 rakaat, diantaranya 2 rakaat (qabla) fajar. (Shahih al-Bukhari, I:382, No. hadis 1089 dan as-Sunan al-Kubra, III:6, No. hadis 4451)

Dalam riwayat Muslim dan Ahmad dengan redaksi:
كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ اللَّيْلِ عَشَرَ رَكَعَاتٍ وَيُوتِرُ بِسَجْدَةٍ وَيَرْكَعُ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ فَتْلِكَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
Salat malam Rasulullah saw. adalah 10 rakaat, witir dengan 1 rakaat, dan beliau salat 2 rakaat (qabla) fajar, itulah 13 rakaat. (Lihat, Shahih Muslim, I:510, No. hadis 738 dan Musnad Ahmad, VI:165, No. hadis 25.358) Hanya saja dalam riwayat Ahmad tanpa huruf al-wau
... عَشَرَ رَكَعَاتٍ يُوتِرُ بِسَجْدَةٍ...

Dalam riwayat Abu Daud dan al-Baihaqi dengan redaksi:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ عَشْرَ رَكَعَاتٍ وَيُوتِرُ بِسَجْدَةٍ وَيَسْجُدُ سَجْدَتَيِ الْفَجْرِ فَذَلِكَ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
Rasulullah saw. salat malam 10 rakaat, witir dengan 1 rakaat, dan beliau salat 2 rakaat (qabla) fajar, itulah 13 rakaat. (Sunan Abu Daud, II:38, No. hadis 1334 dan as-Sunan al-Kubra, III:6, No. hadis 4452)

Dalam riwayat an-Nasai dengan redaksi:
يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ عَشْرَ رَكَعَاتٍ ثم يُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ ثم يَرْكَعُ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ
Beliau salat malam 10 rakaat, kemudian witir dengan 1 rakaat, kemudian beliau salat 2 rakaat (qabla) fajar. (As-Sunan al-Kubra, I:167, No. hadis 422, I:446, No. hadis 1423)


Kesimpulan: 

Meski sedikit berbeda redaksi, namun secara substansi periwayatan melalui al-Qasim bin Muhamad menunjukkan bahwa 13 rakaat yang dimaksud adalah 11 rakaat salat tahajjud dan 2 rakaat salat qabla subuh. Substansi ini sejalan dengan periwayatan Aisyah melalui para rawi lain yang diterangkan di bawah.
Adapun kaifiyah 10 rakaat itu dilaksanakan secara munfashil (salam tiap dua rakaat). Hal itu dijelaskan pada jalur az-Zuhri dari Urwah (di bawah) dengan ungkapan:
إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ
11 rakaat, beliau salam setiap 2 rakaat, dan witir dengan 1 rakaat.

Penggunaan ungkapan 13 rakaat digunakan pula oleh beberapa sahabat lainnya, yaitu Ibnu Abas, Ibnu Umar, Ummu Salamah, Zaid bin Khalid al-Juhanni, dan Jabir bin Abdullah, sebagai berikut:

A. Ibnu Abas

عَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّى مِنَ اللَّيْلِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً.
Dari Abu Zamrah, Ia berkata, “Aku mendengar Ibnu Abbas berkata, ‘Rasulullah saw Salat malam tiga belas rakaat’." H.r. Ahmad, al-Bukhari, Muslim, Ibnu Abu Syaibah, at-Tirmidzi, an-Nasai, Ibnu Hiban, at-Thahawi melalui Syu’bah, dari Abu Zamrah. (Lihat, Musnad Ahmad, I:228, No. 2019, I:324, No. 2986, Shahih al-Bukhari, II:64, No. 1138, Shahih Muslim, II:183, No. 173, al-Mushannaf, II:234, No. 8487, Sunan at-Tirmidzi, II:304, No. 442, as-Sunan al-Kubra, I:162, No. 401, Shahih Ibnu Hiban, VI:345, No. 2611, Syarh Ma’ani al-Atsar, I:286, No. 1699)

Dalam riwayat Ahmad Ahmad dan an-Nasai melalui tiga orang: Abu Ahmad az-Zubairi, Sulaiman, Yahya. Ketiganya melalui Abu Bakar an-Nahsyali, dari Habib bin Abu Tsabit, dari Yahya bin al-Jazar, ungkapan 13 rakaat itu dijelaskan dengan rincian sebagai berikut:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّى مِنَ اللَّيْلِ ثَمَان رَكَعَاتٍ وَيُوتِرُ بِثَلاَثٍ وَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الْفَجْرِ
"Rasulullah saw Salat malam delapan rakaat dan witir tiga rakaat dan beliau Salat dua rakaat sebelum fajar". (Lihat, Musnad Ahmad, I:229, No. 2714, I:301, No. 2740, I:326, No. 3006, Sunan an-Nasai, III:237, No. 1707, as-Sunan al-Kubra, I:425, No. 1346)

Dalam riwayat Abu Daud dan an-Nasai melalui Kuraib Maula Ibnu Abas dijelaskan langsung formasinya tanpa ungkapan 13 rakaat, yaitu 2 rakaat ringan, 11 rakaat witir, 2 rakaat qabla subuh. Kata Kuraib:
سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِاللَّيْلِ قَالَ : بِتُّ عِنْدَهُ لَيْلَةً وَهُوَ عِنْدَ مَيْمُونَةَ ، فَنَامَ حَتَّى إِذَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ أَوْ نِصْفُهُ اسْتَيْقَظَ فَقَامَ إِلَى شَنٍّ فِيهِ مَاءٌ فَتَوَضَّأَ وَتَوَضَّأْتُ مَعَهُ ، ثُمَّ قَامَ فَقُمْتُ إِلَى جَنْبِهِ عَلَى يَسَارِهِ فَجَعَلَنِى عَلَى يَمِينِهِ ، ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِى كَأَنَّهُ يَمَسُّ أُذُنِى كَأَنَّهُ يُوقِظُنِى فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ، قَلْتُ : فَقَرَأَ فِيهِمَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ صَلَّى حَتَّى صَلَّى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً بِالْوِتْرِ ، ثُمَّ نَامَ فَأَتَاهُ بِلاَلٌ فَقَالَ : الصَّلاَةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ . فَقَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ ، ثُمَّ صَلَّى لِلنَّاسِ.
Saya bertanya kepada Ibnu Abbas, “Bagaimana salat malam Rasulullah saw?” Ia menjawab, Suatu malam aku bermalam di rumah beliau, yaitu di (rumah) Maimunah, lalu beliau tidur sehingga ketika lepas sepertiga malam atau pertengahan malam beliau bangun dan menuju ke bejana yang padanya terdapat air, lalu beliau berwudlu dan aku pun berwudlu bersamanya, kemudian beliau berdiri dan aku pun berdiri di samping kiri beliau, lalu beliau memindahkan aku ke sebelah kanannya, kemudian beliau meletakkan tangannya pada kepalaku seolah-olah memegang telingaku, seakan-akan beliau mengingatkan aku, lalu beliau Salat dua rakaat ringan Aku mengatakan, “Bahwa beliau membaca padanya al fatihah pada setiap rakaat, kemudian salam, kemudian beliau Salat sampai sebelas rakaat dengan witir kemudian beliau tidur, lalu Bilal datang kepadanya dan berkata, “Salat wahai Rasulullah, lalu beliau berdiri dan salat dua rakaat, kemudian beliau salat bersama orang-orang". (Lihat, Sunan Abu Daud, II:46, No. 1364 dan as-Sunan al-Kubra, I:161, No. 399, I:422, No. 1338)

B. Ibnu Umar

عَنْ عَامِرٍ الشَّعْبِىِّ قَالَ سَأَلْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ وَعَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِاللَّيْلِ فَقَالاَ: ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنْهَا ثَمَانٍ وَيُوتِرُ بِثَلاَثٍ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْفَجْرِ.
Dari Amir as-Sya'bi, ia berkata,Saya bertanya kepada Abdullah bin Abbas dan Abdullah bin Umar tentang salat malam Rasulullah saw. Kemudian mereka menjawab. ‘Tiga belas rakaat, yaitu delapan rakaat dan witir tiga rakaat dan dua rakaat setelah terbit fajar’.". H.r. Ibnu Majah dan at-Thabrani. (Lihat, Sunan Ibnu Majah, I:433, No. 1361, al-Mu’jam al-Kabir, XII:91, No. 12.568. Kata at-Thahawi, “Demikian (tertulis) dalam beberapa naskah (rak’atain ba’dal fajri)” (Lihat, Syarh Ma’ani al-Atsar, I:279). Pada sebagian naskah dengan lafal:
وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ طُلُوْعِ الْفَجْرِ
“...dan 2 rakaat setelah terbit fajar” (Lihat, Shalat al-Witir, karya Muhamad bin Nashr al-Marwuzi, hal. 38)

C. Ummu Salamah 
عَنْ أبي سَلَمَةَ عَنْ أم سَلَمَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلَّي مِنَ اللَّيْلِ ثَلاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً : ثَمَان رَكَعَاتٍ ، وُيوتِرُ بِثَلاثٍ ، وَيَرْكَعُ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ.
Dari Abu Salamah, dari Ummu Salamah, ia berkata, “Adalah Rasulullah saw. salat malam tiga belas rakaat; delapan rakaat dan tiga rakaat witir dan beliau salat dua rakaat fajar". H.r. an-Nasai. (Lihat, as-Sunan al-Kubra, I:160, No. 394)

D. Zaid bin Khalid

عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم نَامَ ذَاتَ لَيْلَةٍ ، ثُمَّ فَزِعَ ، فَقَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيلَتَيْنِ ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُمَا دُونَ اللَّتَيْنِ قَبْلَهُمَا ، ثُمَّ أَوْتَرَ فَذَلِكَ ثَلاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
Dari Zaid bin Khalid, Ia berkata,Saya melihat Rasulullah saw. pada suatu malam beliau tidur, kemudian beliau bangun dan salat dua rakaat ringan, lalu beliau salat dua rakaat panjang, kemudian beliau salat dua rakaat ringan dibanding dua rakaat sebelumnya, lalu beliau salat dua rakaat lebih pendek dan keduanya pendek dibanding dua rakaat sebelumnya, kemudian beliau salat dua rakaat dan keduanya lebih pendek dari dua rakaat sebelumnya, kemudian beliau salat dua rakaat dan kedua rakaat lebih pendek dibanding dua rakaat sebelumnya, kemudian beliau salat dua rakaat dan kedua rakaat itu lebih pendek dari sebelumnya, lalu beliau salat witir, maka demikianlah tiga belas rakaat". (Lihat, Musnad al-Bazzar, II:62)

Riwayat ini menunjukkan 2 rakaat khafifatain (iftitah), lalu 2 rakaat, lalu 2 rakaat, lalu 2 rakaat, lalu 2 rakaat, lalu 2 rakaat, lalu 1 rakaat. Kata Zaid:
فَذَلِكَ ثَلاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً

E. Jabir bin Abdullah

عَنْ جَابِرٍقَالَ: أَقْبَلْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم مِنَ الْحُدَيْبِيَةِ حَتَّى إذَا كُنَّا بِالصَّهْبَاءِ قَالَ مُعَاذٌ : مَنْ يُسْقِينَا فِي أَسْقِيَتِنَا ، قَالَ : فَخَرَجْتُ فِي فِتْيَانٍ مَعِي حَتَّى أَتَيْنا الأُثايَةَ فَأَسْقَيْنَا وَاسْتَقَيْنَا ، فَلَمَّا كَانَ بَعْدَ عَتَمَةٍ مِنَ اللَّيْلِ فَإِذَا رَجُلٌ يُنَازِعُهُ بَعِيرُهُ الْمَاءَ ، قَالَ : فَإِذَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، فَأَخَذْتُ رَاحِلَتَهُ فَأَنَخْتُهَا فَتَقَدَّمَ فَصَلَّى الْعِشَاءَ وَأَنَا عَنْ يَمِينِهِ ، ثُمَّ صَلَّى ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً
"Dari Jabir, Ia berkata,' Kami pulang bersama Rasulullah saw dari Hudaibiyyah sehingga ketika kami sampai di Al Shahba Mu'adz berkata,' Siapa yang memberi minum pada kendaraan kami, ia berkata, aku keluar bersama pemuda sehingga kami datang pada Utsayah, lalu kami memberi minum dan kami meminta minum, maka tatkala lepas dari pertengahan malam tiba-tiba seseorang menyegerakan kendaraan untanya pada air, ia berkata maka ternyata  Rasulullah saw, lalu aku membawa kendaraannya dan memarkirnya dan beliau mendahului, kemudian beliau Salat Isya dan aku berada di sebelah kanannya kemudian beliau Salat tiga belas rakaat".  H.r. Ibnu Abu Syaibah, Abdurrazaq, Abu Ya’la, Ibnu Hiban. (Lihat, Mushannaf Ibnu Abi Syaibah, II:491, Mushannaf Abdurrazaq, II:234, No. 8488, Musnad Abu Ya’la, IV:152, No. 2216, Shahih Ibnu Hiban, VI:357, No. 2628)

Dalam riwayat Ahmad dengan redaksi:
ثُمَّ صَلَّى بَعْدَهَا ثَلاثَ عَشْرَةَ سَجْدَةً
“Kemudian beliau salat setelahnya 13 rakaat”. (Lihat, Musnad Ahmad, III:380, No. 15.106)

Dalam riwayat Ibnu Hiban dan Ibnu Khuzaimah  diterangkan rincian jumlah itu sebagai berikut:
ثُمَّ نَزَلَ فَصَلَّى عَشْرَ رَكَعَاتٍ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَوْتَرَ بِوَاحِدَةٍ وَصَلَّى رَكْعَتَي الفَجْرِ ثُمَّ صَلَّى الصُّبْحَ
“Kemudian beliau turun, lalu salat 10  rakaat: 2 rakaat, 2 rakaat, kemudian beliau witir dengan satu rakaat, dan salat 2 rakaat (qabla) fajar, kemudian beliau salat shubuh”. (Lihat, Shahih Ibnu Hiban, VI:357, No. 2629 dan Shahih Ibnu Khuzaimah, II:140, No. 1075)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar